Sudah Amankah Sistem Komputer Anda?

Pendahuluan
Setelah kita beberapa kali membaca tulisan/ artikel mengenai kriptografi dan keamanan sistem komputer, mungkin seringkali timbul pertanyaan dalam diri kita mengenai keamanan sistem komputer yang kita milik. Sebenarnya sudah amankah sistem komputer yang kita miliki? Dan sistem komputer yang bagaimanakah yang bisa dikatakan sebagai suatu sistem komputer yang aman?

Persyaratan Keamanan Sistem Komputer
Suatu sistem komputer baru bisa dikatakan sebagai suatu sistem yang aman jika telah memenuhi beberapa syarat tertentu. Secara garis besar, persyaratan keamanan sistem komputer dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1. Secrecy
Secrecy berhubungan dengan hak akses untuk membaca data/ informasi dari suatu sistem komputer. Dalam hal ini suatu sistem komputer dapat dikatakan aman jika suatu data/ informasi hanya dapat dibaca oleh pihak yang telah diberi hak/ wewenang.
2. Integrity
Integrity berhubungan dengan hak akses untuk mengubah data/ informasi dari suatu sistem komputer. Dalam hal ini suatu sistem komputer dapat dikatakan aman jika suatu data/ informasi hanya dapat diubah oleh pihak yang telah diberi hak/ wewenang.
3. Availability
Availability berhubungan dengan ketersediaan data/ informasi.pada saat yang dibutuhkan. Dalam hal ini suatu sistem komputer dapat dikatakan aman jika suatu data/ informasi yang terdapat pada sistem komputer dapat diakses dan dimanfaatkan oleh pihak yang berhak/ berwewenang.
Kesimpulan
Kalau kita cermati ternyata persyaratan dasar agar suatu sistem komputer dapat dikatakan aman sangatlah sederhana sekali, tapi kalau kita mau jujur seringkali kita dibuat repot untuk memenuhi ketiga persyaratan dasar tersebut. Oleh karena itu semoga tulisan ini dapat membuka wacana kita semua agar kita tidak menganggap remeh pengamanan terhadap sistem komputer yang kita miliki

Klik Disini untuk DownLoad materi

Komentar

  1. seperti tadi siang, waktu aku sedang bekerja, tiba2 system jaringan di komputerku, terhadap salah satu file sharing di dalam server ditolak/access denied, ternyata ada masalah di setting sharing and security, didalam server, btw blognya makin keren aja nih

    BalasHapus
  2. Salam dari Newbie. Ini ada hidangan idul fitri untuk para Blogger. Bukan bermaksud nyepam, tapi ingin berbagi. Maaf kalau tidak berkenan.

    BalasHapus
  3. Aman dan terkendali, kalau komputer rusak services aja di GoMe Computer Denpasar-Bali

    BalasHapus

Posting Komentar

BlogList

Postingan populer dari blog ini

ACCUMULATOR, COUNTER, DAN SWITCHING

PENGERTIAN DASAR DAN SIMBOL FLOWCHART

Mengenal Program Perusak/ Pengganggu