.

Waspadai Ancaman Terhadap Sistem Komputer Anda

Posted by Irma14 Rabu, 01 Oktober 2008 1 comments
Di era informasi seperti sekarang ini, data/ informasi sudah menjadi suatu aset yang sangat berharga bahkan bisa dikatakan sangat fital sehingga kebocoran, kehilangan ataupun kerusakan terhadap data/ informasi dari suatu instansi dapat mengancam kelangsungan hidup instansi yang bersangkutan. Mengingat begitu berharganya suatu data/ informasi maka tidaklah heran jika bermunculan beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab yang berusaha mencuri maupun mengubah dan merusak data/ informasi dari sistem komputer milik suatu instansi tertentu.



Bentuk-bentuk ancaman
Jika Anda berprofesi ataupun bercita-cita sebagai seorang administrator yang cakap, Anda tentunya perlu mengetahui bentuk-bentuk ancaman apa saja yang mungkin terjadi pada sistem komputer yang Anda tangani. Pada dasarnya bentuk ancaman terhadap suatu sistem komputer dapat dibedakan menjadi empat kategori, yaitu:
1. Interruption
Interruption merupakan suatu bentuk ancaman terhapap availability, di mana suatu data dirusak sehingga tidak dapat digunakan lagi. Tindakan perusakan yang dilakukan dapat berupa perusakan fisik maupun non fisik. Perusakan fisik umumnya berupa perusakan harddisk dan media penyimpanan lainnya serta pemotongan kabel jaringan.. sedangkah perusakan non fisik berupa penghapusan suatu file-file tertentu dari sistem komputer.
2. Interception
Interception merupakan suatu bentuk ancaman terhadap secrecy, di mana pihak yang tidak berhak berhasil mendapat hak akses untuk membaca suatu data/ informasi dari suatu sistem komputer. Tindakan yang biasa dilakukan biasanya melalui penyadapan data yang ditransmisikan lewat jalur publik/ umum. Tindakan seperti ini biasa dikenal dengan istilah wiretapping dalam wired networking (jaringan yang menggunakan kabel sebagai media transmisi data).
3. Modification
Modification merupakan suatu bentuk ancaman terhadap integrity, di mana pihak yang tidak berhak berhasil mendapat hak akses untuk mengubah suatu data/ informasi dari suatu sistem komputer. Biasanya data/ informasi yang diubah adalah record dari suatu table pada file data base.
4. Fabrication
Fabrication juga merupakan suatu bentuk ancaman terhadap integrity. Tindakan yang biasa dilakukan adalah dengan meniru dan memasukkan suatu objek ke dalam sistem komputer. Objek yang dimasukkan bisa berupa suatu file maupun suatu record yang disisipkan pada suatu program aplikasi.
Kesimpulan
Setelah kita mengetahui beberapa bentuk dasar dari ancaman terhadap sistem komputer, diharapkan wacana kita menjadi semakin terbuka dan lebih serius lagi dalam menangani berbagai bentuk ancaman terhadap sistem komputer yang kita tangani. Sebagai seorang administrator yang baik, kita jangan terlalu cepat merasa puas dengan sistem keamanan yang telah kita rancang/ bangun dan menyimpulkan bahwa jaringan yang kita tangani sudah aman, karena setiap tindakan penyerakan terhadap suatu sistem komputer memiliki cara yang berbeda-beda walaupun bentuk dasarnya selalu sama. Jadi waspadalah selalu dan jangan lengah.

Untuk mendownload seluruh materi silahkan klik disini

Jika Anda Berkenan, Bagilah informasi ini kepada teman-teman Anda

Pin It Now!
Categories:
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Waspadai Ancaman Terhadap Sistem Komputer Anda
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://irma14.blogspot.com/2008/10/waspadai-ancaman-terhadap-sistem.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 comments:

Nikmaya John mengatakan...

Banyak juga ya ancamannya....

Posting Komentar