Flowchart

Pseudo Code (kode semu) disusun dengan tujuan untuk menggambarkan tahap-tahap penyelesaian suatu masalah dengan kata-kata (teks). Metode ini mempunyai kelemahan, dimana penyusunan algoritma dengan kode semu sangat dipengaruhi oleh tata bahasa pembuatnya, sehingga kadang-kdang sulit dipahami oleh orang lain. Oleh karena itu kemudian dikembangkan suatu metode lain yang dapat menggambarkan suatu algoritma program secara lebih mudah dan sederhana yaitu dengan menggunakan flowchart (diagram alir).
Tujuan utama dari penggunaan flowchart adalah untuk menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah secara sederhana, terurai, rapi dan jelas dengan menggunakan simbol-simbol standart.

Pedoman yang perlu diperhatikan dalam membuat flowchart :

  1. Bagan alir sebaiknya digambar dari atas ke bawah dan mulai dari bagian kiri dari suatu halaman.
  2. Kegiatan di dalam bagan alir harus ditunjukkan dengan jelas.
  3. Harus ditunjukkan dari mana kegiatan akan dimulai dan dimana akan berakhir.
  4. Masing-masing kegiatan di dalam bagan alir sebaiknya digunakan suatu kata yang mewakili suatu pekerjaan.
  5. Masing-masing kegiatan di dalam bagan lair harus didalam urutan yang semstinya.
  6. Kegiatan yang terpotong dan akan disambung ke tempat lain harus ditunjukkan dengan jelas menggunakan simbol penghubung.
  7. Gunakan simbol-simbol alir yang standart.


Terdapat 2 jenis flowchart yaitu sistem flowchart dan program flowchart.

Sistem flowchart merupakan diagram alir yang menggambarkan suatu sistem peralatan komputer yang digunakan dalam proses pengolahan data serta hubungan antar peralatan tersebut. Sistem flow chart tidak digunakan untuk menggambarkan urutan langkah untuk memecahkan masalah , tetapi hanya untuk menggambarkan prosedur dalam sistem yang dibentuk.

Merupakan bagan alir yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah. Untuk menggambarakan flowchart program telah tersedia simbol-simbol standart. Berikut ini adalah gambar dari simbol-simbol standart yang digunakan pada flowchart program.


Contoh flowchart
1. Buatlah flowchart untuk menjumlahkan dua buah data.
Jawab
Input : data1 dan data 2
Proses : jumlah = data1 + data2
Output : jumlah


2. Buatlah flowchart untuk mencari keliling dan luas lingkaran ?
Rumus : keliling lingkaran adalah 2*phi *r
luas lingkaran adalah phi * r2
rumus diatas merupakan proses untuk mencari keliling dan luas lingkaran.
Input : phi dan r
Output : luas dan keliling


Selengkapnya Silahkan DownLoad materi disini

Komentar

  1. masih agak gak ngerti,,sekarang gimana bentuk diagram flow chart utk game spider soliter kepunyaan windows?

    BalasHapus
  2. http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/24.gif
    http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/24.gif

    BalasHapus
  3. b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-( b-(

    BalasHapus
  4. hehehe siip bgt ntuh d yang lain g? apa kek yang petualangan hehehe
    adindaku.inuyasa03@gmail.com
    krim ke email aku dunk kak

    BalasHapus
  5. ada contoh alur lain gak??
    saya bbener2 bingung alurnya.. ?)

    BalasHapus
  6. http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/24.gifhttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/1.gif2.gifhttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/4.gif

    BalasHapus
  7. makasih gan atas infonya........

    BalasHapus
  8. :-o :-o :-o :-o :-o :-o :-o :-o :-o

    BalasHapus
  9. thanks atas infonya :))

    BalasHapus
  10. klo flowchart ma flowmap sama ga ea? oia... klo buat aplikasi sejenis tools gitu... bagusnya pake flowchart atau flowmap???

    wajib bales...
    makasih,,,;;)

    BalasHapus
  11. Sulit betul ya bahasa pemrogaman??!!

    BalasHapus
  12. hemm.. pusing juga ya belajar ginian.. =((

    BalasHapus
  13. masih blm ngerti nih, bs tlg diperjelas lgi g?
    mksh sblumnya

    BalasHapus

Posting Komentar

BlogList

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN DASAR DAN SIMBOL FLOWCHART

ACCUMULATOR, COUNTER, DAN SWITCHING

Mengenal Program Perusak/ Pengganggu