.

Logikaku=Logikamu=LOGIKA

Posted by Irma14 Kamis, 18 September 2008 4 comments
Aneh sekali, ternyata pernyataan yang sederhana ini cukup membuat beberapa mahasiswa saling tatap, karna takut memilih apakah harus setuju atau tidak setuju. Memang pernyataan ini agak sedikit memancing sebuah diskusi. Apakah bisa Kita bisa berbeda Logika ataukah Logika itu satu adanya ???
Akankah Sebuah kebenaran universal bisa diterima oleh suatu kelompok masayarakat tertentu kemudian ditolak oleh masyarakat lainnya ? ataukah yang namanya kebenaran satu adanya ?

Tetapi Sebelum diskusi kita panjang ada baiknya kita melihat defenisi dasar Logika.

Logika berasal dari kata Yunani kuno λόγος (logos) yang berarti hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa.
Sebagai ilmu, logika disebut dengan logike episteme (Latin: logica scientia) atau ilmu logika (ilmu pengetahuan) yang mempelajari kecakapan untuk berpikir secara lurus, tepat, dan teratur[1].

Ilmu disini mengacu pada kemampuan rasional untuk mengetahui dan kecakapan mengacu pada kesanggupan akal budi untuk mewujudkan pengetahuan ke dalam tindakan. Kata logis yang dipergunakan tersebut bisa juga diartikan dengan masuk akal.

Yang kemudian Logika merangkum aturan-aturan dasar berfikir benar. Dimana ketika seseorang telah mengikuti kaidah-kaidah berfikir benar, maka sudah dapat dipastikan bahwa kerangka fikirnya sudah mengarah kepada kebenaran.

Kegunaan logika

1. Membantu setiap orang yang mempelajari logika untuk berpikir secara rasional, kritis, lurus, tetap, tertib, metodis dan koheren.

2. Meningkatkan kemampuan berpikir secara abstrak, cermat, dan objektif.

3. Menambah kecerdasan dan meningkatkan kemampuan berpikir secara tajam dan mandiri.

4. Memaksa dan mendorong orang untuk berpikir sendiri dengan menggunakan asas-asas
sistematis

5. Meningkatkan cinta akan kebenaran dan menghindari kesalahan-kesalahan berpkir, kekeliruan serta kesesatan.

6. Mampu melakukan analisis terhadap suatu kejadian.

7. Terhindar dari klenik , gugon-tuhon ( bahasa Jawa )

8. Apabila sudah mampu berpikir rasional,kritis ,lurus,metodis dan analitis sebagaimana tersebut point 1 maka akan meningkatkan citra diri seseorang.

ALGORITMA
Dalam matematika dan komputasi, algoritma merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai.

Desain dan analisis algoritma adalah suatu cabang khusus dalam ilmu komputer yang mempelajari karakteristik dan performa dari suatu algoritma dalam menyelesaikan masalah, terlepas dari implementasi algoritma tersebut. Dalam cabang disiplin ini algoritma dipelajari secara abstrak, terlepas dari sistem komputer atau bahasa pemrograman yang digunakan. Algoritma yang berbeda dapat diterapkan pada suatu masalah dengan kriteria yang sama.

Kompleksitas dari suatu algoritma merupakan ukuran seberapa banyak komputasi yang dibutuhkan algoritma tersebut untuk menyelesaikan masalah. Secara informal, algoritma yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan dalam waktu yang singkat memiliki kompleksitas yang rendah, sementara algoritma yang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan masalahnya mempunyai kompleksitas yang tinggi.

Nanti Dilanjutkan lagi ye... C D......... Download file disini

Jika Anda Berkenan, Bagilah informasi ini kepada teman-teman Anda

Pin It Now!
Categories:
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Logikaku=Logikamu=LOGIKA
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://irma14.blogspot.com/2008/09/logikakulogikamulogika.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

4 comments:

Anonim mengatakan...

wah enak nech Pak blogspotx banyak yg masang iklan!!.trus trafficx jg banyak yg kunjungin

sebln dah dpt income minimum brp?kl blh tau..
Pak tipsx dong dimana yah kl mw dpt domain yg gratis??apa ada yg gratis,,krn smua org maux yg gratis
Pux produk e book nga pak??
hehe,soury kl banyak nax,namax jg mhsiswa.

wahyu.Amik DP MI-6 nak maba

arhyen mengatakan...

diriku masih blank dengan MK yg satu ini pak :(

Grosir Hp Murah mengatakan...

serumit itukah kehidupan mahasiswa? ckckckckck.. :D

Ам Гап mengatakan...

wahh.. inimi yang saya cari,,Izin Dunlud pak....

Posting Komentar