.

KONDISI AKSI DAN REAKSI

Posted by Irma14 Minggu, 02 November 2008 6 comments
Hubungan kondisi dan aksi
Kondisi merupakan syarat, keadaan atau status yang mempengaruhi tindakan atau proses selanjutnya. Sedangkan aksi merupakan tindakan atau proses yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan kondisi yang ada.
Jika menggunakan flowchart, kondisi tersebut digambarkan dengan simbol Decicion yang terlihat pada gambar berikut:
Download materi selengkapnya disini


Berdasarkan simbol tersebut dihasilkan dua jalur proses. Jalur pertama merupakan aksi yang akan dilakukan sesuai dengan kondisi yang dinyatakan. Jalur ini diberi tanda Y (YA). Sedangkan jalur kedua merupakan aksi yang dilakukan jika kindisi bertentangan dengan pernyataan. Jalur ini diberi tanda T (TIDAK).
Misalnya pada sebuah persoalan ditentukan sebagai berikut :
Untuk pegawai yang bekerja lebih dari dua tahun maka mendapat tunjangan perumahan sebesar 6% dari gaji pokok (GP). Sebaliknya masa kerja sama dengan atau kurang dari dua tahun mendapat tunjangan 2% dari gaji pokok. Berdasarkan keterangan di atas, diketahui bahwa kondisi yang mempengaruhi proses yang akan dilakukan, adalah masa kerja (MK) dari setiap pegawai. Setelah kondisi ini diketahui maka dapat diambil proses perhitungan sesuai dengan kondisi tersebut. Dengan flowchart, maka kondisi dan aksi yang akan diambil dapat digambarkan seperti di bawah ini:

Dari flowchart terlihat bahwa kondisi tersebut menghasilkan dua tindakan. Tindakan yang akan dilakukan diseleksi melalui kondisi. Jika masa kerja pegawai lebih besar dari dua tahun maka perhitungan untuk menentukan tunjangan adalah : TJ = 6% * GP
Sebaliknya perhitungan yang dipakai untuk menghitung tunjangan bagi pegawai dengan masa kerja kurang atau sama dengan dua tahun adalah : TJ = 2% * GP
Dalam suatu masalah sering terjadi aksi yang akan dilakukan dipengaruhi oleh lebih dari satu kondisi. Misalnya ;

Untuk pegawai yang telah menikah mendapat tunjangan istri. Besarnya tunjangan istri ditentukan berdasarkan masa kerja. Untuk masa kerja kurang dari tiga tahun mendapat tunjangan sebesar 3% dari gaji pokok. Sedangkan masa kerja sama dengan atau lebih besar dari tiga tahun mendapat tunjangan 6% dari gaji pokok.

Dari persoalan di atas dapat disimpulkan bahwa kondisi yang mempengaruhi adalah: Status (ST) dan Masa kerja (MK) dari setiap pegawai. Dalam flowchart kedua kondisi tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:

Dari flowchart tersebut terlihat bahwa kondisi pertama yang mempengaruhi adalah status. Untuk pegawai yang berstatus KAWIN maka dilanjutkan proses selanjutnya yaitu menghitung besarnya tunjangan TJ. Dengan demikian perhitungan besarnya tunjangan dipengaruhi oleh dua kondisi yaitu STATUS (ST) dan MASA KERJA (MK).


Sedangkan perhitungan besarnya tunjangan ditentukan berdasarkan masa kerja (MK). Untuk itu proses selanjutnya adalah melakukan seleksi berdasarkan kondisi masa kerja. Jika masa kerja (MK) lebih besar atau sama dengan tiga maka perhitungan tunjangan TJ=6%*GP. Sebaliknya untuk masa kerja (MK) kurang atau sama dengan tiga tahun maka perhitungan tunjangan TJ=2%*GP.

Hubungan Antar Kondisi
Kadang-kadang dalam suatu masalah terdapat beberapa kondisi atau persyaratan yang saling menentukan. Hubungan antar kondisi ini biasanya terdari dari dua hubungan, yaitu hubungan DAN serta hubungan ATAU. Masing-masing hubungan ini menyatakan keterkaitan antar kondisi sehingga dapat dilakukan aksi sesuai dengan hubungan tersebut.


Soal Latihan kondisi dan aksi
Perusahaan XYZ ingin membuat laporan Flowchart untuk menghitung Gaji tiap karyawannya, dengan spesifikasi :
- Data-data yang dimasukkan melalui keyboard adalah :
Nama, Jumlah jam kerja (JJK), Divisi (yang meliputi divisi A,B,C,D)
- Ketentuan proses:
Upah/jam untuk divisi A adalah Rp. 2500
Upah/jam untuk divisi B adalah Rp. 2750
Upah/jam untuk divisi C adalah Rp. 3000
Upah/jam untuk divisi D adalah Rp. 3250
Setiap karyawan diwajibkan bekerja minimal 8 jam perhari, jika ada pekerja yang bekerja lebih dari 8 jam, maka kelebihan jam kerja dihitung sebagai lembur dengan upah/jam Rp. 4000
Setiap karyawan dibebankan biaya perumahan sebesar Rp. 5000
- Data-data yang dicetak (output) adalah:
Nama, Jumlah jam kerja (JJK), Divisi, Gaji bersih

Jika Anda Berkenan, Bagilah informasi ini kepada teman-teman Anda

Pin It Now!
Categories:
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: KONDISI AKSI DAN REAKSI
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://irma14.blogspot.com/2008/11/kondisi-aksi-dan-reaksi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

6 comments:

fauzan mengatakan...

wah pemahaman algoritma yang kayak gini yang sampe sekarang masih susah saya pahami neh mas..

manusia biasa mengatakan...

sipppppp bos algoritma sudah belajar juga bossss yang ini algoritma 1 rasanya.... nice postlytiz

Nikmaya John mengatakan...

Lumayan paham gan, semangat utk belajar...

kambing kurban mengatakan...

flow chart y.inget kuliah:)

property management mengatakan...

jadi inget pelajaran kimia SMA..

WikiVitamin.Com mengatakan...

hehe.. jadi ingat mata kuliah pemrograman komputer :D

Posting Komentar